Minggu, 07 Januari 2018

ANALISIS E-GOVERMENT PROV SUMATERA UTARA


No
Unit Analisis
Kategori Analisis
ProvinsiSumatera Utara
Kabupaten 1Tapanuli Tengah
Kabupaten 2Labuhan Batu

1
Selayang Pandang
Sejarah

3
3
3
Motto

1
1
1
Lambang

3
3
3
Arti Lambang

3
1
3
Lokasi Dalam
Bentuk Peta

1
3
3
Visi Dan misi
3
3
3
2
Pemerintahan Daerah
Eksekutif

3
3
3
Legislatif

3
3
3
Nama, Alamat, Telepon, e-mail, dari pejabat daerah

1
2
1
Biodata Dari pemimpin Daerah
1
2
2
3
Geografi
Topografi

1
3
1
Demografi

3
3
1
Cuaca dan Iklim

1
1
1
Sosial dan Ekonomi

3
2
2
Budaya dari daerah yang bersangkutan

3
3
1
Ada informasi berupa Numeris/ Statistika dan harus mencantumkan nama instansi dari sumber datanya
2
2
1
4
Peta Wilayah dan Sumberdaya
Peta wilayah

1
2
2
Bentuk peta sumber daya
1
2
2
5
Peraturan/Kebijakan Daerah
Peraturan daerah (perda) yag telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah bersangkutan
3
2
3
6
Buku Tamu
Buku tamu

2

2
2
Forum
1
1
1
Total
43
47
42





Keterangan
1 = Tidak Ada
2 = Kurang
3 = Baik

Hasil Analisis
Dari hasil analisis website yang telah dilakukan, kami menyimpulkan bahwa website dari Kabupaten Tapanuli Tengah lebih baik dibanding website dari Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Labuhan Batu, karena kelengkapan informasi tentang daerah tapanuli tengah lebih jelas dibanding Sumatera utara dan Labuhan Batu. 

Ada beberapa informasi yang sama-sama dimiliki oleh website dari ketiga daerah tersebut. Seperti dicantumkannya Sejarah daerah tersebut, Visi dan Misi daerah, Informasi Eksekutif daerah, dan informasi Legislatif daerah. Namun dalam beberapa aspek terdapat perbedaan. Seperti penyajian informasi dalam bentuk peta yang hanya dimiliki oleh website dari Kabupaten Tapanuli Tengah dan Labuhan Batu. Sedangkan pada website Provinsi Sumatera Utara, informasi tersebut tidak dicantumkan. 

Analisis Website Pemerintah dan Kategorisasi
Dalam penilaian website Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Kabupaten Labuhan Batu telah dirincikan pada tabel diatas, dimana jumlah total menunjukan nilai yang yang kami berikan berdasarkan kelengkapan konten yang ada di website tersebut dan nama dari daerah menunjukan hasil perhitungan dari setiap bobot nilai yang telah ditentukan.
(Bobot Nilai Setiap Kategori x Jumlah Total), kemudian dijumlahkan setiap Unit Analisis.

Dibawah Ini Merupakan Uraian Hasil Analisis
Dari ketiga website yang telah kami analsis, website Provinsi Sumatera Utara belum melakukan update terhadap kegiatan daerah maupun peraturan-peraturan daerah yang baru dibuat. Dari segi Visi dan Misi pemerintahan, website Kabupaten Labuhan Batu masih menggunakan Visi dan Misi periode 2010-2015. 

Dari kondisi Topografis Kabupaten Tapanuli Tengah yang merupakan bagian dari daerah Provinsi Sumatera Utara sebagian besar  berbukit – bukit, dengan ketinggian 0 - 1.266 meter di atas permukaan laut. Sebagian lagi adalah dataran dan terdapat banyak daerah aliran sungai (DAS).
Sebagian besar wilayah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah berbatasan dengan laut sehingga berpengaruh pada suhu udara yang tergolong beriklim tropis. Dalam periode bulan Januari – Desember 2015, suhu udara maksimum dapat mencapai 32,20ºC dan suhu minimum mencapai 22,10ºC. Rata-rata suhu udara di Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 2015 adalah 26,40ºC. Pada tahun 2015, curah hujan rata-rata 12,10 mm, hari hujan 247,00 hari, kecepatan angin 6,36 knot dan penguapan 4,94 mm. Potensi hidrologi di Kabupaten Tapanuli Tengah sangat penting untuk menunjang pembangunan, baik untuk kepentingan air minum, irigasi, transportasi, dan untuk kepentingan lainnya, (sumber : BPS Kab. Tapanuli Tengah).

Wilayah Tapanuli Tengah dipengaruhi oleh 6 (enam) Daerah Aliran Sungai (DAS) besar, yaitu DAS Tapus, DAS Aek Sirahar, DAS Lae Chinong, DAS Aek Sibundong, DAS Aek Kolang, dan DAS Batang Toru. Daerah hulu sungai berasal dari pegunungan Bukit Barisan dan bermuara ke Pantai Barat Provinsi Sumatera Utara di wilayah administratif Kabupaten Tapanuli Tengah. Sebagian sungai telah dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik seperti aliran Sungai Sibuluan untuk PLTA Sipan Sihaporas, yang memiliki kapasitas daya listrik 50 MW dan untuk air minum, steiger / dermaga perhubungan laut, tempat sandar kapal perikanan maupun irigasi yang mendukung pertanian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAHASA INGGRIS BISNIS 2

TUGAS 3 LISTENING TEST D                 11. C              21. A A                 12. C              22. C D                 13. D  ...